Menulis Angka 0 sampai 9 dengan Metode Memorizing Like an Elephant

Orang tua dan guru tentu membutuhkan kesabaran ketika mengajari menulis kepada anak-anak usia prasekolah. Ketika anak belajar menulis angka terbalik dan diminta untuk menulis lagi menjadi tidak mau bahkan sampai ngambek. Permasalahan ini bisa diatasi dengan cara belajar yang lebih menyenangkan. Mengajari anak-anak menulis dengan cara yang menyenangkan membuat anak merasa tidak tertekan. Lalu bagaimana mengajari anak menulis dengan cara yang menyenangkan? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan metode Memorizing Like an Elephant.

Otak kita seperti raksasa yang tidur, mempunyai potensi besar tetapi kita kerap membiarkan tidur.  Artinya kita belum bisa mengoptimalkan otak kita. Hal tersebut tepat seperti yang disampaikan oleh Yudi Lesmana seorang penulis buku yang berjudul “Memorizing Like an Elephant”. Beliau juga salah satu diantara 149 Grandmaster of Memory di dunia. Dalam bukunya, Yudi Lesmana juga menyampaikan belajar melatih daya ingat dengan cara yang tepat supaya otak kita tidak cidera. Cara seperti apa yang tepat untuk otak kita? Otak kita bekerja dengan sangat baik ketika mengingat menggunakan cara yang disukai oleh otak, misalnya dengan imajinasi yang menarik. Memorizing Like an Elephant membantu anak-anak belajar lebih menyenangkan dengan membangun imajinasi. Dengan demikian, Memorizing Like an Elephant ini sangat tepat dalam membantu dan mengasah memori serta cocok untuk diterapkan pada anak sekolah. Lalu, bagaimana menerapkan hal ini untuk mengajari anak menulis angka 0 sampai 9?

Kita bisa membantu anak-anak dengan menunjukkan terlebih dahulu gambar angka 1. Lalu, ambil sebuah benda yang menyerupai angka 1, contohnya pensil. Jelaskan kepada anak dan bantu anak berimajinasi bahwa pensilnya berdiri. Ajak anak meraba pensil dari atas ke bawah membentuk angka 1 dengan jari telunjuknya. Kemudian tuntun anak menulis di kertas untuk menulis angka 1 dengan mengatakan pensil berdiri tegak.

Kita juga bisa membantu anak menulis angka 2 tanpa menunjukkan bentuk bendanya kepada anak, tetapi kita ganti dengan gambar yang menyerupai angka 2. Contohnya, bebek menyerupai angka 2. Tumbuhkan imajinasi anak dan jelaskan bahwa bebek mempunyai kepala, leher, dan badan. Ajak anak menunjuk bagian tubuh bebek tersebut sehingga membentuk angka 2. Kemudian, tuntun anak menulis di kertas dan katakan bebek mempunyai kepala, leher, dan badan.

20190712_113009

Kita juga bisa gunakan gambar untuk angka-angka yang lain. Contohnya angka 0 seperti donat, angka 3 seperti kelelawar, dan angka 4 seperti kaki kursi yang terbalik. Untuk angka 5 bisa juga memberikan foto keluarga yang berbadan gemuk, contohnya papa perutnya gendut pakai topi. Perlu diingat bahwa untuk mengajarkan anak menulis bilangan tersebut harus pelan-pelan. Biarkan anak menguasai satu angka dahulu baru kita teruskan mengajarkan anak angka selanjutnya. Semoga cara ini bisa membantu orang tua mendampingi dan mengajari anak belajar. Salam semangat!!!!

Simak video tutorialnya dengan cara klik link di bawah ini: