Asyiknya Belajar di IMA

Jika mendengar kata belajar, biasanya yang terlintas di pikiran kita adalah duduk tenang dan menggunakan buku. Proses pembelajaran di IMA mengusung metode fun learning dengan menggunakan lagu, ritme, analogi dan cerita dalam penyampaian materi. Hal ini bertujuan agar siswa belajar dengan hati yang senang tanpa terbebani dengan materi yang diajarkan. Tidak hanya itu, sebelum atau sesudah pembelajaran siswa IMA juga diberikan game secara berkala agar mereka tidak bosan.

Salah satu game yang bisa dimainkan di kelas adalah “Gilir Bola”. Permainan ini dilakukan secara berkelompok dengan posisi melingkar. Media yang digunakan adalah dua buah bola dengan warna berbeda, misal bola ungu dan bola merah. Kedua bola tersebut dipegang oleh dua siswa yang tidak bersebelahan. Bola diserahkan ke teman sebelahnya searah jarum jam sambil diiringi musik. Sebelum permainan dimulai, guru menyampaikan aturan mainnya. Jika musik berhenti, anak yang memegang bola warna ungu membuat soal, anak yang memegang bola merah menjawab soal. Supaya semua peserta terlibat secara aktif, yang tidak memegang bola juga ikut menghitung. Untuk melakukan permainan ini, warna bola untuk pembuat soal dan yang menjawab bisa diganti sesuai kesepakatan.

Selama melakukan game ini, siswa bisa belajar banyak hal. Pertama, siswa belajar bersosialisasi dengan cara bermain bersama. Kedua, melatih siswa menjadi lebih percaya diri karena harus mau mengucapkan dengan jelas soal maupun jawaban, agar teman-temannya bisa mendengar. Ketiga, melatih rasa tanggung jawab. Ketika mendapatkan bola saat musik berhenti, siswa harus bertanggungjawab membuat atau menjawab soal. Karena jika ada salah satu yang tidak mau, permainan tidak akan berjalan. Keempat, melatih kemampuan siswa menerapkan materi mental aritmetika yang didapat dengan membuat soal, sekaligus melatih kemampuan mental mendengar mereka.

Belajar banyak hal tapi tidak terasa kalau sedang belajar, itulah IMA. Menarik bukan? Yuk simak keseruan game “Gilir Bola” dengan klik link di bawah ini!