Menebak Ulang Tahun Teman dengan Matematika, Serius Bisa?

Memiliki teman baik pasti merupakan hal yang diimpikan semua orang. Teman yang bisa menjadi tempat berbagi suka maupun duka. Segala hal ingin kita berikan termasuk kejutan kecil saat ulang tahunnya, agar pertemanan menjadi semakin akrab. Namun meski merasa nyaman satu sama lain, ada teman yang tidak mau kita tahu hari ulang tahunnya. Lalu bagaimana caranya kita tahu kapan waktunya memberikan kejutan ulang tahun?

Tenang… dengan permainan matematika sederhana kita bisa tahu tanggal ulang tahun teman kita. Supaya lebih menyenangkan, libatkan teman lain juga. Makin banyak teman, tentunya akan semakin seru dan menyenangkan. Pertama-tama kita konversikan dulu bulan-bulan dalam satu tahun menjadi angka. Januari = 1, Pebruari = 2, dan seterusnya sampai Desember = 12. Selanjutnya minta teman kita melakukan operasi hitung sederhana seperti di bawah ini.

Misalnya kita ingin tahu tanggal lahir Lita, tentu dia tahu tanggal dan bulan lahirnya. Ok, kita anggap Lita ulang tahun tanggal 23 Mei tapi Lita tidak boleh memberi tahu kita. Untuk mencari tahu, minta Lita melakukan instruksi berikut ini:

Instruksi                                                                Yang dikerjakan Lita

Kalikan bulan lahir dengan 5                                5 x 5 = 25 (Mei = 5)

Tambahkan 7                                                            25 + 7 = 32

Kalikan dengan 4                                                     32 x 4 = 128

Tambahkan 13                                                          128 + 13 = 141

Kalikan dengan 5                                                     141 x 5 = 705

Tambahkan dengan tanggal lahir                         705 + 23 = 728

Setelah instruksi selesai, tanyakan hasil akhir hitungannya. Dengan mencongak (tanpa alat bantu), kurangi hasil akhir perhitungan tersebut dengan 205. Pada contoh di atas diperoleh hasil 523. Angka 5 yang merupakan angka ratusan menunjukkan bulan lahir yaitu Mei. Sedangkan dua angka belakangnya (puluhan dan satuan) menunjukkan tanggal lahir. Jadi bisa kita simpulkan Lita berulang tahun pada 23 Mei.  Naah…. dengan cara ini tanpa teman kita sadari, kita tahu kapan ulang tahun mereka dan bisa mempersiapkan kejutan yang berkesan untuk mereka.

Jika bulan kelahiranmu adalah Oktober, Nopember, atau Desember, maka hasil akhirnya akan terdiri dari 4 angka. Misalkan hasil akhir setelah dikurangi 205 adalah 1125 maka ulang tahunnya adalah 25 Nopember. Bagaimana jika tanggalnya kurang dari 10? Contoh hasil akhir 708 artinya tanggal lahirnya adalah 8 Juli. Sebelum menebak tanggal lahir teman atau orang di sekitarmu, sekarang coba hitung tanggal lahirmu sendiri menggunakan cara tersebut!

Mudah bukan? Seakan kalian memiliki ilmu magic bisa membaca pikiran orang, padahal ini merupakan operasi matematika sederhana. Permainan ini akan lebih menyenangkan jika kamu dan teman-temanmu menguasai mental aritmetika. Yaitu berhitung tambah, kurang, kali, bagi secara cepat, tepat, dan akurat tanpa alat bantu. Berhitung tidak menjadi masalah, bahkan bisa digunakan dalam permainan yang menyenangkan. Mau menguasai mental aritmetika? Ayo belajar di IMA…. Jangan lupa ajak temanmu juga!  ^_^. (Sumber: H.J. Sriyanto. 2008. Bermain Sulap dengan Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas).