Menumbuhkan Jiwa Kompetitif pada Anak Bersama IMA

Sebagai orang tua, siapa yang tidak mau punya anak yang berani tampil dan tidak malu untuk berkompetisi? Jika ada perlombaan, tanpa perlu dibujuk sudah mengajukan diri untuk berpartisipasi. Saat menang tidak menjadikannya tinggi hati, ketika kalah pun tidak membuat anak merasa rendah diri. Jiwa kompetitif bisa diarahkan menjadi hal positif untuk masa depan anak.

Terlibat dalam kompetisi akan memicu anak mengerahkan kemampuan terbaiknya dengan rajin berlatih. Mereka tidak akan mudah terpuruk saat satu kali mengalami kegagalan. Jiwa sportivitas juga akan terasah. Sikap-sikap lain yang penting bagi masa dewasanya juga akan berkembang seperti kemauan menunggu giliran, bekerja sama, kemampuan menumbuhkan empati, kepercayaan diri, dan daya juang (https://www.klikdokter.com).

Di IMA jiwa kompetitif anak terus dilatih bahkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dengan teman-teman sekelas, tetapi juga berkompetisi dengan diri sendiri. Anak-anak bisa jadi tidak menyadari bahwa guru sedang melatih jiwa kompetitif mereka karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Dimulai dari awal pembelajaran, guru memberikan soal spontan sesuai dengan materi. Siswa bisa saling berkompetisi menjawab soal dari guru dengan cepat, tepat, dan akurat.  Siswa yang gradenya masih rendah pun bisa ikut bersaing dan menguji kemampuan diri menjawab soal grade di atasnya. Ketika mengerjakan buku, guru akan memberikan batas waktu. Waktu yang dicatat memungkinkan anak untuk berkompetisi dengan dirinya sendiri, mengerjakan lebih cepat dari waktu sebelumnya.

IMA setiap tahun juga mengadakan kompetisi mental aritmetika dan matematika. Tahun 2022 ini IMA Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY mengadakan lomba matematika terbuka pada hari Minggu, 27 Februari 2022. Lomba diadakan secara online dan diikuti oleh siswa kelas 1-6 dari seluruh Indonesia, terutama yang berada di pulau Jawa. Tahun ini lomba matematika diikuti oleh 973 peserta.

Lomba dibagi menjadi enam kategori sesuai kelas. Pelaksanaan lomba menggunakan dua gadget, di mana satu gadget untuk mengerjakan soal dari google form, satu lagi digunakan untuk zoom, dan akan  disiarkan secara live melalui youtube, facebook, dan instagram IMA. Jadi perlombaan di IMA benar-benar fair. Kompetisi matematika umum ini diharapkan bisa meningkatkan semangat kompetisi siswa IMA untuk bersaing dengan siswa SD dari seluruh Indonesia.

Jangan lupa untuk menyaksikan pelaksanaan lomba matematika IMA-ria hari Minggu, 27 Februari 2022 Jam 08.30 WIB sampai selesai di channel youtube, facebook, dan instagram IMA.